Struktur organisasi dapat dipandang dengan berbagai cara, sebagai suatu objek empiris, sekumpulan hubungan yang dirundingkan, sebuah sistem, atau sebuah pembawa proses sosial. Organisasi dapat dipandang sebagai entitas yang diciptakan secara formal ataruktu sebagai pola-pola perilaku yang dikontruksi secara sosial. Struktur organisasi adalah wilayah kunci perhatian bagi mereka yang bekerja dalam organisasi. Arah aliran informasi berhubungan langsung dengan bagaimana seharusnya pekerjaan dilakukan dan siapa yang memiliki akses ke dalam informasi serta siapa yang mengendalikan informasi tersebut. Struktur organisasi dapat “tinggi” seperti dalam suatu piramid atau “datar” seperti dalam desain matriks dengan saluran-saluran informasinya yang berganda dan saling tumpang tindih.
Sifat utama surat eletronik atau komputer adalah kemampuannya untuk mengatasi kendala-kendala ruang dan waktu. Selain itu, memberi kesempatan untuk mengubah jarak dan wilayah komunikasi seseorang. Dengan hubungan surat elektronik arah dan pola-pola komunikasi menjadi tidak terbatas. Kemungkinan jika pegawai menggunakan surat elektronik untuk jaringan komunikasi mereka ukuran, kerapatan, jarak akan berubah.

Surat elektronik dapat digunakan untuk menanggukangi batas-batas kendala tradisional, namun dapat juga dipakai untuk memperkuat norma-normayang ada dan mencerminkan hierarki tradisional organisasi bila ditetapkan oleh kebijakan organisasi. Jelas berubah atau tidak struktruk yang terdapat diorganisasi dengan masuknya surat elektronik atau teknologi komunikasi lainnya. Budaya organisasi juga dapat membatasi kemampuan organisasi untuk mengubah jarak, pola, dan arah komunikasinya.

0 komentar:

Posting Komentar