Struktur organisasi dapat dipandang dengan berbagai cara, sebagai suatu
objek empiris, sekumpulan hubungan yang dirundingkan, sebuah sistem, atau
sebuah pembawa proses sosial. Organisasi dapat dipandang sebagai entitas yang
diciptakan secara formal ataruktu sebagai pola-pola perilaku yang dikontruksi
secara sosial. Struktur organisasi adalah wilayah kunci perhatian bagi mereka
yang bekerja dalam organisasi. Arah aliran informasi berhubungan langsung
dengan bagaimana seharusnya pekerjaan dilakukan dan siapa yang memiliki akses
ke dalam informasi serta siapa yang mengendalikan informasi tersebut. Struktur
organisasi dapat “tinggi” seperti dalam suatu piramid atau “datar” seperti
dalam desain matriks dengan saluran-saluran informasinya yang berganda dan
saling tumpang tindih.
Sifat utama surat eletronik atau komputer adalah kemampuannya untuk mengatasi
kendala-kendala ruang dan waktu. Selain itu, memberi kesempatan untuk mengubah
jarak dan wilayah komunikasi seseorang. Dengan hubungan surat elektronik arah
dan pola-pola komunikasi menjadi tidak terbatas. Kemungkinan jika pegawai
menggunakan surat elektronik untuk jaringan komunikasi mereka ukuran,
kerapatan, jarak akan berubah.
Surat elektronik dapat digunakan untuk menanggukangi batas-batas kendala
tradisional, namun dapat juga dipakai untuk memperkuat norma-normayang ada dan
mencerminkan hierarki tradisional organisasi bila ditetapkan oleh kebijakan
organisasi. Jelas berubah atau tidak struktruk yang terdapat diorganisasi
dengan masuknya surat elektronik atau teknologi komunikasi lainnya. Budaya
organisasi juga dapat membatasi kemampuan organisasi untuk mengubah jarak,
pola, dan arah komunikasinya.
0 komentar:
Posting Komentar